PADANG, potretkita.net - Beragam inovasi dalam mempromosikan dan memasarkan pariwisata Sumatera Barat terus bermunculan. Jumat (31/3), diluncurkan ula Television Commercial (TVC) Tambuah Ciek di Bandara Internasional Minangkabau.
Peluncuran TVC Tambuah Ciek yang fokus pada Promosi Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) tentang storynomic Budaya Minangkabau itu, dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.
Menteri Sandiaga yang akrab dengan sapaan Mas Menteri itu, mengapresiasi peluncuran TVC yang akan menguatkan pengembangan pariwisata Sumbar, yang sebelumnya telah didahului dengan peluncuran Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023.
"TVC Tambuah Ciek ini Keren banget. Harapannya, dengan peluncuran ini tak hanya tambuah makan rendangnya, tapi juga bertambah belanja produk ekonomi kreatifnya, tambah lama menginapnya dan tambah juga lapangan kerjanya," ujarnya, sebagaimana dirilis pada laman resmi sumbarprov.go.id oleh Dinas Kominfotik Sumbar.
Mas Menteri berharap, semua pihak untuk terus menggaungkan hastag Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023. Terutama pada momen jelang Idul Fitri, dimana banyak wisatawan dan perantau mengunjungi Sumbar menjadi peluang wisata dan ekonomi.
Wagub Audy menambahkan, Kehadiran TVC Tambuah Ciek akan lebih mengenalkan Sumbar dan engagement wisata Sumbar. "Dengan hadirnya TVC Tambuah Ciek, akan bisa kembali menggairahkan jumlah wisatawan ke Sumbar, serta menambah kontribusi Sumbar dalam mewujudkan target 4,4 juta lapangan kerja baru dari sektor pariwisata," harap wagub.
Sedangkan Ketua BPPD Sumbar Dr. Sari Lenggogeni menyebutkan, video yang berdurasi 3 menit ini akan diputar di Bandara Internasional Minangkabau setelah dilaunching oleh Menpar Sandiaga Uno.
”Video yang bertajuk Tambuah Ciek ini dibuat beberapa scene dengan durasi 3 menit yang menginterprestasikan filosofi Minangkabau berpadu dengan literasi dan penelitian menjadi sebuah TVC (Television Commercial),” ucap Sari.
Sari menambahkan campaign “Tambuah Ciek” bertujuan untuk mendorong expenditure wisatawan dari lama tinggal, belanja dan makan untuk mencapai KPI pariwisata. TVC akan menggambarkan filosofi dan destination personality Sumbar sebagai daerah tujuan wisata.
TVC ini berbeda dari yang lain karena memiliki unsur story telling yang kuat, dan partisipasi berbagai pihak seperti Marawa Beach, Padang Trail Runners, Uda Uni Sumbar, dan pemeran lainnya. Untuk yang pertama TVC fokus pada destinasi destinasi utama di Sumbar, dengan ceritanya serta filosofi dan ekosistem pariwisata Sumatera Barat.(ed. mus)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar