TANAH DATAR, POTRETKITA.net – Petrokimia Gresik memperkenalkan tiga produk baru untuk petani di Kabupaten Tanah Datar. Ini merupakan harapan di tengah krisis pupuk bersubsidi, yang akhir-akhir ini sulit didapat.
“Kami berharap,
dengan produk baru ini hasil pertanian meningkat, dan pupuknya mudah didapat
dengan harga terjangkau,” ujar seorang petani, Selasa (9/8), saat mengikuti
kegiatan One Day Promotion (ODP), di halaman Kios Pupuk Subur Utama, Pasar
Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung.
Program ODP
sebagai agenda Promo Penjualan Berhadiah itu digelar serentak di 50 kios di
seluruh Indonesia. Dari Tabek Patah, para petani juga bisa menyaksikan
penjelasan langsung dari Direktur Operasi dan Produksi PT Petrokimia Gresik
Digna Jatiningsih, yang disiarkan live menggunakan meeting zoom.
Selain mendapat
informasi langsung tentang produk-produk pupuk yang diproduksi Petrokimia
Gresik, para petani itu juga berkesempatan memperoleh berbagai hadiah langsung,
undian, dan doorprize. Nilai hadiahnya juga terbilang tinggi, karena ada kipas
angin, televisi, dispenser, dan sembako.
Staf Perwakilan
Daerah Penjualan Wilayah Sumatera Barat Tunggul Priadi menegaskan, kegiatan ODP
di Kecamatan Salimpaung itu dihadiri produsen Petrokimia Gresik, Distributor
Pupuk Bungo Padi, kelompok tani, perwakilan kelompok tani di Nagari Tabek
Patah, tokoh masyarakat, serta PPL Kecamatan Salimpaung.
“Selain untuk
melakukan sosialisasi pemupukan berimbang, kami kenalkan tiga produk baru pupuk
non subsidi, yaitu Phosgreen, ZA Plus, dan Petroganik Premium. Hal ini juga
sebagai rangkaian dari kegiatan pengenalan produk yang sebelumnya sudah
dilakukan demplot di beberapa komoditas seperti cabai, padi, dan bawang
merah," katanya.
BACA PULA : Seorang Petani Bisa Mengajukan Asuransi Padi Maksimal Dua Hektar
Menurutnya, Phosgreen dan ZA Plus sudah didemplotkan pada empat wilayah di Kabupaten Tanah Datar, yaitu dua titik di Kecamatan Sungai Tarab, satu titik Kecamatan Tanjung Baru, dan satu titik di Kecamatan X Koto. Kami berharap, ujarnya, dengan demplot dan pengenalan produk baru ini, dapat meningkatkan produktivitas pertanian.
Tunggul Priadi
menjelaskan, phaknya berharap, petani dapat teredukasi dengan sosialisasi
pemupukan berimbang, dan produk non subsidi Petrokimia dapat diterima
masyarakat dengan baik, serta meningkatkan produktivitas pertanian guna
mencapai ketahanan pangan nasional.
Sementara itu,
secara live menggunakan meeting zoom, Digna menjelaskan, kegiatan ODP digelar
serentak di 50 kios yang tersebar di 19 Provinsi, sebagai upaya perusahaan
untuk memperkuat sektor produksi pertanian dalam negeri, di tengah ancaman
krisis pangan dan kebangkitan ekonomi nasional.
LAGI : Rute tak Biasa Warga Sumbar Menuju Pulau Samosir
Melalui program
ini, katanya, Petrokimia Gresik menawarkan sederet produk komersial yang
berdasarkan uji coba di berbagai daerah, terbukti mampu meningkatkan
produktivitas pertanian.
“ODP ini kami
harapkan dapat menstimulasi petani menggerakkan sektor pertanian di Indonesia,
dalam upaaya meningkatkan produktivitas pertanian, dan mewujudkan ketahanan
pangan nasional," ujar Digna.
Skema promo yang
digelar dalam satu hari ini digelar di sentra pertanian, yaitu Jawa Timur, Jawa
Tengah, Jawa Barat, DIY, Bali, NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah,
Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Riau,
Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Sebanyak 50 titik ini
disesuaikan dengan usia 50 tahun Petrokimia Gresik.
Provinsi Sumatera
Barat menggelar kegiatan ODP di Kios Subur Utama, Nagari Tabek Patah, Kecamatan
Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan bentuk kegiatannya adalah
promosi penjualan produk-produk nonsubsidi retail seperti NPK Phonska Plus, NPK
Petro Nitrat, NPK Petro Ningrat, SP-26 non subsidi, Urea non subsidi, ZA non
subsidi, ZK, Nitralite, Kapur Pertanian Kebomas, dan Petro-Cas.
Setiap petani yang
melakukan pembelian satu zak produk pupuk atau dua zak produk pembenah tanah,
berkesempatan mendapatkan hadiah menarik langsung dan undian kupon berhadiah.
Sedangkan hadiah yang disiapkan diantaranya televisi, dispenser, kipas angin,
sprayer dan paket sembako, serta berbagai peralatan elektronik kebutuhan
sehari-hari.
“Melalui media
promosi ini, Petrokimia Gresik juga memiliki tujuan membangun hubungan jangka
panjang, sinergis dengan stakeholder dan end user, baik distributor, kios,
maupun petani Indonesia,” tandasnya.
Di tengah promosi
ini, Petrokimia Gresik juga memberikan sosialisasi budidaya pertanian yang di
dalamnya berisi edukasi pemupukan berimbang, pengetahuan produk dan layanan
mobil uji tanah, serta sosialisasi pengendalian Organisme Pengganggu
Tanaman(OPT).
“Dengan demikian, layanan yang kami berikan sifatnya
komprehensif, dari hulu hingga hilir budidaya," ujar Digna.***
(MUSRIADI MUSANIF)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar