Promosi Digital bagi Pelaku UMKM itu Amat Penting - Potret Kita | Ini Beda

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

09 Maret 2023

Promosi Digital bagi Pelaku UMKM itu Amat Penting

PADANG PANJANG, potretkita.net - Era digital menuntut kreativitas. Semua pihak harus mampu menyikapinya dengan bijak dan tepat, termasuk kalangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


Menyikapi hal itu, Pemerintah Kelurahan Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) menggelar Pelatihan Promosi Digital bagi UMKM, Kamis (9/3), di aula kantor lurah, diikuti 24 peserta yang merupakan pelaku UMKM dari tiap-tiap RT.


Camat Padang Panjang Barat Fiori Agustian menyampaikan, UMKM mesti bisa memanfaatkan era digitalisasi, agar meraih keuntungan yang lebih terhadap produk mereka. Produk bisa dipromosikan di berbagai market place maupun media sosial.


“Harapannya pelatihan ini berjalan dengan baik. Menghasilkan pengusaha sukses dengan pemahaman dan pengetahuan baru terhadap dunia digital,” katanya.


Dikatakan, pelatihan ini dinilai sangat penting lantaran konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan UMKM berkembang lebih baik. Tak bisa dipungkiri, kebiasaan berbelanja masyarakat mulai beralih kepada sistem online, menggunakan smartphone.


Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi UMKM mempromosikan produk mereka. Oleh karena itu pengetahuan terkait promosi digital dinilai sangat dibutuhkan. Sehingga mendorong pemerintah kelurahan menggelar pelatihan tersebut.  


Lurah Balai-Balai Icip Harianto berharap, pelatihan ini bisa mewujudkan UMKM yang mampu memanfaatkan sarana digital seperti Android dan sejenisnya dalam mempromosikan produk mereka. Mereka diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan bisa menambah lapangan kerja. 


“Hal ini sekaligus mewujudkan instrumen dan bagian dari indikator program Smart City bagi masyarakat Kota Padang Panjang,” ujarnya.


Materi pelatihan satu hari ini yaitu Motivasi dan Pemasaran Digital, Teknik Pengambilan Foto Produk, Media Sosial sebagai Media Marketing, dan Praktek Media Sosial sebagai Media Marketing. Pemateri yakni Komunitas UMKM Tangan di Atas, Muhammad Arif dari Dinas Perdakop UMKM, Harry Sulistio dan Rizki Alfadly dari Dinas Kominfo.(kominfopp; ed. mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad